Rabu, 19 Januari 2011

Vonis Hukuman Gayus Terupdate/Terbaru

Berita ter-update tentang Gayus :: 19/01/11
Gayus Halomoan Tambunan di jatuhi Vonis Hukuman selama 7 tahun Kurungan penjara, dan denda 300 juta rupiah, jika uang tersebut tidak dibayarkan akan diperpanjang hukuman penjara selama 3 bulan lagi.


"Majelis hakim Pengadilan Jakarta Selatan yang dipimpinan Albertina Ho menghukum terdakwa kasus mafia hukum Gayus Tambunan tujuh tahun penjara dan denda Rp 300 juta, subsidair tiga bulan kurungan".

"Terdakwa terbukti melakukan tindak pidana korupsi yang dilakukan bersama-sama. Gayus juga tak memberi keterangan yang benar soal hartanya yang didapat dari korupsi," kata Albertina saat membacakan putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (19/01/11).

Vonis ini jauh lebih ringan dibanding tuntutan Jaksa yang menuntut hukuman 20 tahun penjara dan denda Rp 500 juta.

Bekas pegawai pajak itu dinilai terbukti menyalahgunakan wewenangnya saat menangani kasus pajak PT Surya Alam Tunggal, sehingga merugikan negara Rp 570 juta.

Dia juga dianggap jaksa terbukti menyuap penyidik Polri. Suap diberikan Gayus agar ia tidak ditahan, rumahnya tak disita, dan rekeningnya tak diblokir.

Selain itu, Gayus dinyatakan telah menyuap hakim Mustadi Asnun sebesar US$ 40 ribu untuk membebaskan dirinya dari dakwaan di Pengadilan Tinggi Tangerang.

Terakhir, dia dijerat karena telah memberikan kesaksian palsu saat membuat surat perjanjian bisnis fiktif dengan Andi Kosasih untuk membuka blokir rekeningnya yang berisi Rp 28 miliar.

Dalam sidang ini, Gayus tak didampingi istrinya, Milana Anggraini, dalam sidang vonisnya hari ini (19/01/11) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Dijaga aja untuk kesehatan dia. Secara fisik capek, mental capek, dan tak akan hadir dalam persidangan kali ini," kata pengacara Milana, Hotma Sitompul di PN Jaksel, Rabu siang.

Hotma mengatakan, pihaknya khawatir Milana akan shock dengan vonis Gayus nantinya. "Berat dan ringan (vonis), ntar pingsan. Malah akan jadi pemberitaan. Kasihanilah istri yang teraniaya yang mengikuti suaminya," ujarnya.

Tidak ada komentar: