Kamis, 07 April 2011

Malpraktek, Pemutaran Film Dokumenter: Konspirasi Hening (conspiracy of silence)

Pemutaran Film Dokumenter: Konspirasi Hening (conspiracy of silence)

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Internasional, LBH Jakarta bekerja sama dengan Kalyana Shira Foundation dan Gambar Bergerak Visual memutar film dokumenter "Konspirasi Hening."
  • Endang / Setiawati
  • 4 April 2011 - 12:45 WIB
Memperingati Hari Kesehatan Internasional,
LBH Jakarta - Kalyana Shira Foundation dan Gambar Bergerak Visual

Mengundang Anda Pada Pemutaran Film Dokumenter: KONSPIRASI HENING (CONSPIRASY OF SILENCE)

Arahan Ucu Agustin
Diproduseri Nia Dinata

Hari/Tanggal     : Kamis, 07 April 2011
Waktu                 : Pukul 18.30 s,d 21.00
Tempat               :  Gedung  LBH Jakarta, Jl. Diponegoro No.74 Menteng-Jakarta Pusat

Sebuah Dokumenter Tentang Mereka; Para Korban Malpraktek dan Yang Tak Berdaya Menghadapi Sakit Di Tengah Kemiskinan.

Pada tahun 2008, Indonesia mencanangkan kampanye anti berobat keluar negeri. Sekitar 600 juta USD per tahun, mengalir dari kocek orang indonesia hanya untuk berobat ke negeri orang. Ironisnya, pada oktober 2010, didukung oleh presiden SBY, menteri kesehatan kita Endang Rahayu Ningsih justru berobat ke luar negeri. Guangzhou–Cina, menjadi negeri tujuan. Sang ibu menteri pun sempat merahasiakan kisah sakit dan kepergian berobat ke luar negerinya tersebut. Apa yang sebenarnya sedang terjadi di dunia pelayanan kesehatan di Indonesia? Kenapa bahkan seorang menteripun enggan berobat di negerinya sendiri? Ada apa dengan layanan kesehatan di negeri kita ini? Kenapa masih banyak terjadi kasus malpraktek dan pengabaian terhadap hak kesehatan?

# Konspirasi Hening - Sinopsis

Sesungguhnya, sesulit apakah upaya pencarian akan kesehatan dan keadilan di bidang layanan kesehatan di Indonesia? Jawabannya: sesulit mencari jarum dalam tumpukan jerami. Yang miskin masih dibiarkan tak memiliki akses terhadap layanan kesehatan, yang kaya mencari layanan kesehatan di luar negeri, sementara para korban malpraktek yang terlanggar haknya dan berusaha mencari keadilan, hampir semuanya berakhir pada titik nol. Konspirasi hening yang teranyam dalam tubuh korps kedokteran di Indonesia telah begitu kuat, sedangkan hak pasien seolah sengaja didiamkan dan terbiarkan tanpa perlindungan oleh pemerintah.

Konspirasi Hening adalah sebuah penulusuran yang berangkat dari kisah-kisah kemanusiaan milik para korban malpraktek yang menggugah dan menyentuh, namun berakhir dengan perasaan gusar karena masih jauhnya masyarakat indonesia dari hak mendapat layanan kesehatan yang layak dan memenuhi rasa keadilan.
Nb. film akan diputar dilantai 1, untuk memaksimalkan kapasitas ruangan, panitia tidak menyediakan bangku. Untuk kebersamaan dan kesetaraan, kita akan sama-sama nonton dengan duduk di lantai. Saran kami, gunakan pakaian yang memudahkan anda melantai.

Tidak ada komentar: