Rabu, 08 Juni 2011

Nunun nurbaeti Masuk Kamboja Via Bandara Phnom Penh dengan Paspor RI

Nunun Masuk Kamboja Via Bandara Phnom Penh dengan Paspor RI


Tersangka dugaan suap DGS BI Nunun Nurbaeti terdeteksi sempat masuk ke Kamboja. Nunun meninggalkan Thailand dan masuk Kamboja melalui Bandara Internasional Pnomh Penh dengan menggunakan paspor RI.

"Menurut Imigrasi Kamboja, masuknya dari Bandara Phnom Penh dengan memakasi pesawat. Di Kamboja, selain ada Bandara Phnom Penh ada pula Bandara Internasional Siem Reap," ujar Sekretaris I KBRI di Phnom Penh, Amin Maulana Wicaksono, saat dihubungi detikcom, Rabu (8/6/2011).

"Dari Imigrasi, yang bersangkutan menggunakan paspor Indonesia. Paspor hijau," imbuh Amin.

Berdasar informasi dari Imigrasi Kamboja, Nunun masuk ke Kamboja seorang diri. Namun Amin belum bisa memastikan apakah Nunun benar-benar datang sendiri tanpa rekan.

Adakah kesulitan melacak keberadaan Nunun di Kamboja? "Tentunya kami berkoordinasi dengan aparat hukum di Kamboja. Kita harapkan kalau memang masih di Kamboja bisa dideteksi," ucap Amin.

Per Februari 2011, Nunun telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap dalam pemilihan deputi gubernur senior (DGS) BI. Untuk memudahkan mendatangkan Nunun ke Indonesia, KPK telah meminta Ditjen Imigrasi untuk menarik paspornya. Akhirnya, beberapa hari lalu, Imigrasi pun resmi menarik paspor Nunun.

Berdasarkan pelacakan KPK, selama mengaku tinggal di Singapura, Nunun kerap pergi bolak balik Thailand-Singapura. Nunun kerap pergi ke Kota Bangkok. Dirjen Imigrasi Bambang Irawan menyebut, Nunun terendus meninggalkan Bangkok ke Phnom Penh, Kamboja, pada 21 Maret 2011.

Sementara Menkum HAM Patrialis Akbar menyebut, berdasar hasil manifes (data penumpang) 23 Maret 2011, Nunun melakukan perjalanan dari Thailand ke Kamboja menggunakan Bangkok Airways. Patrialis belum bisa memastikan paspor yang digunakan istri mantan Wakapolri Adang Daradjatun tersebut, apakah menggunakan paspor Indonesia yang sudah dicabut atau paspor lain.

1 komentar:

Anak Medan mengatakan...

waduhh bukan saya yang aprove untuk kontestnya bang, tapi dari batamtoday.com sendiri, saya hanya blogger biasa:)