Jumat, 06 Juli 2012

Kopaja Jakarta free Wifi, GPS, Tripod barrier

Jakarta 6 Juli 2012, telah diluncurkan Kopaja P19 (Tanah Abang-Ragunan) dan P20 (Lebak Bulus-Senen) dengan fasilitas layanan free Wifi dapat dinikmati di kawasan Jakarta. Setelah meluncurkan Kopaja S13 yang ber-AC dengan rute Ragunan-Slipi Agustus 2011 lalu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan Kopaja yang tidak saja ber-AC, tetapi penumpang juga bisa menikmati fasilitas free Wifi, GPS, Tripod barrier saat menempuh perjalanan.

Layanan free Wifi itu bisa dinikmati pada Kopaja P19 (Tanah Abang-Ragunan) dan P20 (Lebak Bulus-Senen). Tarifnya pun terjangkau, hanya Rp5.000 dari awalnya Rp2.000. Sayangnya, kopaja tersebut baru tersedia hanya enam unit saja di Jakarta, di antaranya, empat unit Kopaja P19 dan dua Kopaja P20.

Ketua Umum Kopaja, Nanang Basuki, mengatakan berdasarkan hasil kajian yang dilakukan Kopaja bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta, tercatat rute yang dilalui dua trayek kopaja tersebut merupakan rute yang sering digunakan oleh para pekerja dan karyawan.

"Biasanya para karyawan dan pekerja ini tidak bisa terlepas dengan gadgetnya seperti handphone dan laptopnya. Mereka tetap ingin beraktivitas menggunakan internet meski di dalam bus. Karena itu kami sediakan Free Wifi dalam bus kopaja kami yang baru," kata Nanang, usai peluncuran Kopaja P19 dan P20 Ber-AC di Pintu Barat Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, hari ini.

Memang diakui Nanang, pihaknya baru bisa menyediakan enam unit bus Kopaja yang berkapasitas 25 orang ini. Pasalnya, peremajaan armada kopaja dalam trayake-trayek lama membutuhkan waktu cukup panjang dan dana yang cukup besar.

Untuk penyediaan satu unit kopaja ber-AC lengkap dengan sarana Free Wifi, GPS, dan tripod barrier seperti P19 dan P20 membutuhkan anggaran Rp500 juta per unit. Jadi untuk enam bus, pihaknya harus merogoh kocek sebesar Rp3 miliar.

"Wah bagus ya ada wi-fi," ujar Gubernur DKI Fauzi Bowo kagum.

Dalam sambutannya Foke juga mengingatkan pentingnya armada baru Kopaja, menurutnya ini sebagai bentuk modernisasi dan peningkatan layanan angkutan massal di Jakarta. Foke juga mengimbau kepada masyarakat untuk merawat armada Kopaja yang baru, karena apabila armada terawat, tentu masyarakat Jakarta juga akan merasa nyaman.

"Semoga dengan peluncuran ini bisa memberikan layanan yang semakin baik. Ini bukan hanya saja peluncuran rute baru tetapi juga peralihan dari masa lalu menuju masa depan. Semoga Kopaja menjadi baik sekarang dan di masa-masa yang akan datang," imbuh Foke.

Selain Foke, acara ini juga dihadiri Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono dan Ketua Umum Kopaja Nanang Basuki. Sebagai informasi Kopaja AC ini sudah mulai beroperasi pada hari ini, dengan tarif Rp 5.000 sekali jalan. Untuk rute yang dilewati oleh P19 jurusan Ragunan-Tanah Abang akan melewati Jalan Ampera, Jalan Arteri Pondok Indah, Jalan Dharmawangsa, Jalan Iskandarsyah, Jalan Sisingamangaraja, Jalan M.H. Thamrin, Cideng. Sementara untuk rute P20 jurusan Senen-Lebak Bulus akan melewati Bungur, Gunung Sahari, Lapangan Banteng, Tugu Tani, Menteng, M.H. Thamrin, Jalan Rasuna Said, Ringroad Selatan.

Sumber :
http://forum.kompas.com/
http://news.detik.com/

Tidak ada komentar: